ENGLISH SPEECH SMKN 2 Muara Enim

Topic : Trick to study English by Music and other tools
Place  : SMKN 2 Muara enim
Date   : -
Source : http://www.americanrhetoric.com, http://titlcommunity.blogspot.com, http://smkn2me.sch.id


ni biar belajar bahasa Inggris menyenangkan teman2 sangaji ketemu artikel ini, ini khusus buat yg merasa
bahasa inggris sangat susah dipelajari. Ternyata ada trik khusus

Tips Belajar Bahasa Inggris
Belajar Bahasa Inggris emang asik. Nah, dalam tulisan ini kamu bisa memperoleh beberapa tips menarik dalam mempelajari bahasa inggris. Selamat menikmati. terutama siswa smkn 2 muara enim. :)

Belajar bahasa Inggris memerlukan keseriusan lho, namun kalo dibikin fun, kayak kelas kami XII.TITL  maka akan sangat menyenangkan. Berikut ini tips-tips buat kamu yah. Semoga bermanfaat.

Belajarlah Setiap Hari
Cobalah untuk mengelokasikan beberapa saat setiap hari untuk pelajaran anda, idealnya saat otak anda sedang bisa menerima dengan baik. Ingatlah, lebih baik belajar 30 menit per hari dibandingkan 3 jam per minggu. Jika anda dapat menyediakan waktu sejam per hari, cobalah untuk membaginya menjadi 2 atau 3 sesi.

Review Secara Teratur
Ulangilah setiap pelajaran beberapa kali, misalnya sekali di pagi, sekali saat sore dan sekali lagi beberapa hari kemudian. Berikan waktu bagi otak anda untuk mencerna materi, tetapi yakinkan bahwa jarak antara masing-masing pelajaran tidak terlalu lama, misalnya lebih dari beberapa minggu. Jika tidak anda mungkin akan melupakan apa yang sedang anda pelajari. Pastikan bahwa anda sudah memeahami isi pelajaran yang ada sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya.

Fokus Pada Hal yang Menarik
Begitu anda sudah memahami dasar-dasar sebuah bahasa, segeralah praktekkan baik membaca/menulis/bicara mengenai hal yang menarik bagi anda. Dengan cara ini, anda akan lebih mudah memngingat kata-kata, frase dan gramatikal.

Lupa Bawa Kamus? Pake ms-word aja..
Buat kamu-kamu yang baru belajar bahasa Inggris ataupun udah pinter mungkin pernah ngalamin bingung alias gak ngerti arti sebuah kata dalam bahasa inggris kan? Pasti. Nah biasanya kita pake kamus untuk mencari artinya. Gimana kalo lagi gak ada kamus? Dalam tips ini kamu bisa memperoleh cara mencari arti kata dalam bahasa Inggris menggunakan pengolah kata yang sering kamu pake.... ms-word!!

Gimana caranya? Gampang. Pertama ketikkan kata yang mau kamu ketahui artinya di sebuah dokumen ms-word, boleh buka baru ataupun yang udah ada tulisannya. Setelah kamu yakin spelling alias tulisannya bener, di blok aja tuh kata yang kamu belum ngerti artinya tadi.
Setelah itu klik tools dan pilih menu thesaurus. Kamu akan bisa melihat penjelasan dari arti kata tersebut beserta padanannya. Tentu saja dalam bahasa Inggris juga, tetapi kamu biasanya udah bisa nangkep artinya kok.

Oh iya, kamu juga bisa pake short cut Shift+F7 setelah proses blok untuk mendapatkan hasil yang sama.
Tips ini sangat berguna saat kamu belajar bahasa Inggris dan disuruh menerjemahkan sebuah artikel. Udah, ketik aja pake ms-word dan cari artinya menggunakan thesaurusnya.

Gampang kan? Semoga bermanfaat.
Senang Musik ? Manfaatin buat belajar bahasa inggris
Senang ngedengerin musik? Ikutan Indonesian Idol tapi belum berhasil masuk? Nah daripada stress, pakai aja tuh hobi buat belajar bahasa Inggris. Mau tau caranya? Baca terus yah....

Kalau kamu seneng nyanyi tapi gak terlalu berminat sama bahasa Inggris, coba deh kamu mulai mencari lagu-lagu yang berbahasa Inggris. Tentu saja cari yang lagunya enak dan penyanyinya kamu sukai baik karena suaranya maupun tampangnya. Logikanya, kalau kamu seneng ama lagu itu, kamu akan berusaha untuk emngerti arti lagu itu kan? Nah, secara tidak langsung kamu sudah menyenangi bahasa Inggris lantaran lagu itu. Gampang kan...

Sekarang sangaji akan menyampaikan beberapa tips yang semoga bisa bermanfaat buat kamu dalam mempelajari bahasa Inggris lewat lagu:
1. Pilih lagu yang kamu sukai dan tentu saja penyanyinya juga lah.

2. Pilih lagu yang slow aja. Kenapa? Karena biasanya lagu slow lebih mudah ditangkep kata-katanya, cari juga lagu yang gak terlalu keras musik pengiringnya.

3. Cari teksnya, tetapi terlebih dahulu coba kamu dengerin dan tebak lirik lagunya, ini akan melatih logika bahasa dan listening kamu secara otomatis. Setelah kamu coba bikin lirik kamu coba cocokin sama lirik lagu yang sudah kamu peroleh. Cocok? Bagus. Kamu bisa cari lirik lagu di internet, caranya: googling aja pake keyword "lyrics ".

4. Coba ikut menyanyikan semirip mungkin dengan penyanyinya, hal ini akan melatih pronounciation kamu.

5. Kalau nemu kata-kata yang kamu gak ngerti, langsung cari di kamus, dan pake sesering mungkin dalam praktek ngomong. Biasanya lirik lagu diambil dari kata-kata yang sering dipakai, jadi kamu mestinya bisa mencoba mempraktekkannya sehari-hari. Kalau kamu ndak ada kesempatan praktek, coba aja buat kalimat sendiri dalam hati kamu. Hal ini akan membantu kamu dalam mengingat kata-kata baru tersebut lho. Nah dari sini, mustinya vocab kamu makin baik.

6.Terakhir, usahain jangan beli bajakan, biar kualitas suaranya bagus dan gak bikin kuping sakit.

Ok, gitu aja dulu. Jangan lupa praktekin yach, dan hope you can improve your english.
by : XII.TITL SMKN 2 Muara Enim

0 comments: