11 Gejala ini sering dianggap tanda kehamilan


11 Gejala ini sering dianggap tanda kehamilan
Il
Reporter: Rizqi Adnamazida


Apakah Anda para wanita sering merasa mual dan letih? Atau terlambat datang bulan? Jika iya, gejala seperti itu sepertinya mirip dengan tanda kehamilan. Padahal ada faktor lain yang bisa menyebabkan Anda mengalami kondisi tersebut. Ayo simak berbagai gejala yang sering dianggap tanda kehamilan seperti yang dilansir dari Baby Zone (11/08) ini.

Terlambat datang bulanSelain hamil, terlambat datang bulan bisa disebabkan oleh peningkatan atau penurunan berat badan secara drastis. Selain itu, masalah hormon, kelelahan, stres, pil kontrasepsi, dan sedang menyusui juga bisa jadi penyebab terlambat datang bulan.

Mual dan muntahSuka mual dan muntah tanpa sebab jelas? Bisa saja itu adalah morning sickness. Namun kalau Anda tidak sedang hamil, mual dan muntah adalah tanda keracunan makanan, stres, dan gangguan perut.

Pa**dara membengkakBeberapa ibu hamil mengalami pembengkakan di bagian payudara mereka. Sementara itu, faktor lain yang menyebabkan hal ini adalah hormon, pil kontrasepsi, dan tanda bahwa Anda akan segera mengalami menstruasi.

Lelah dan mengantuk
Susah bangun karena lelah? Perasaan tersebut identik dengan tanda kehamilan. Namun stres, sakit, dan depresi juga bisa memicu rasa lelah dan mengantuk.

Nyeri punggungKehamilan tiga bulan pertama ditandai dengan rasa nyeri di bagian punggung. Kalau Anda tidak hamil, mungkin Anda menderita penyakit tertentu yang berhubungan dengan punggung.

Sakit kepalaKadar hormon estrogen biasanya membuat ibu hamil sering terserang sakit kepala secara berkala. Sebab lain dari sakit kepala ini adalah dehidrasi, kafein, dan mata kejang.

Suka ngemilKalau ibu hamil, keinginan untuk makan makanan tertentu bisa juga disebut dengan ngidam. Tetapi kesalahan diet, stres, depresi, dan terlambat datang bulan juga bisa membuat Anda tiba-tiba suka ngemil.

Areola menghitamAreola merupakan bagian sekitar puting. Jika menghitam, maka seorang wanita biasanya positif hamil. Namun masalah hormon yang tidak seimbang juga menjadi salah satu faktor areola menghitam.

Sering pipisKalau sering pipis karena hamil, itu berita baik. Namun bisa juga gejala ini adalah tanda diabetes, gangguan kencing, atau penyakit lain.

Gerakan dalam perutPada minggu ke-16 sampai ke-22, ada pergerakan yang merupakan tanda ada janin di dalam perut. Sementara faktor lain dari pergerakan ini adalah kentut atau kontraksi lain di lambung.

Detak jantung dalam perutSatu-satunya gejala yang merupakan tanda kehamilan yang pasti adalah detak jantung dalam perut. Untuk tanda yang lain, belum ada sebab yang pasti dari gejala ini.
Untuk memastikan gejala tersebut dengan kehamilan, Anda bisa memeriksanya dengan menggunakan test pack. Jika hasilnya negatif, segera hubungi dokter untuk berkonsultasi mengenai kondisi kesehatan Anda.

0 comments: