Melahirkan bikin otak wanita cemerlang


Melahirkan bikin otak wanita cemerlang 
Reporter: Destriyana


Studi terbaru menunjukkan bahwa melahirkan anak bisa meningkatkan daya ingat wanita. Sebaliknya, wanita yang belum pernah melahirkan memiliki daya ingat lebih rendah.

Dalam serangkaian penelitian, wanita yang pernah melahirkan mencetak hasil tes memori lebih baik dibanding yang tidak. Wanita yang tidak pernah melahirkan memiliki kemampuan lebih rendah dalam memahami dan mengingat informasi tentang lingkungan mereka.

Melissa Santiago, peneliti dari Universitas Carlos Albizu di Miami, mengatakan: "Wanita tidak mengalami penurunan memori dan fungsi kognitif setelah melahirkan," seperti dikutip dari The Daily Mail, Minggu(5/8).

Hasil temuan ini disampaikan dalam pertemuan tahunan Asosiasi Psikologikal Amerika. Melissa menganalisis informasi dari 35 ibu yang baru pertama kali melahirkan. Anak mereka berusia 10 sampai 24 bulan, serta 35 wanita yang belum pernah hamil sama sekali.

kehamilan rupanya menimbulkan perubahan fisiologis pada tubuh wanita. Penelitian sebelumnya mengatakan otak mengalami penyusutan hingga 5 persen. Menurut Melissa, itu akan kembali normal setelah enam bulan melahirkan.

Tak berhenti hanya di situ. Temuan ini masih akan diverifikasi dengan menguji pada sampel lebih besar dari etnik berbeda dan periode lebih lama.

0 comments: