Pertengkaran orang tua berdampak positif pada anak


Pertengkaran orang tua berdampak positif pada anak? 
Reporter: Destriyana


Bertengkar di depan anak dapat menyebabkan kerusakan mental serius, menurut sebuah studi terbaru. Dr. Gordon Harold, seorang peneliti dari Universitas Cardiff di Cardiff, Wales, mengungkapkan studi ini dalam Good Morning America, program berita pagi di jaringan televisi ABC, Amerika Serikat.

"Memang tidak realistis untuk mengatakan bahwa orang tua tidak boleh berdebat atau bertengkar. Pasalnya, perbedaan pendapat adalah bagian alami dari sebuah hubungan," ungkap Dr. Gordon, seperti yang dilansir di abcnews.go.com.

Studi ini dilakukan selama tiga tahun dengan responden lebih dari 300 keluarga. Para peneliti menemukan meskipun sebuah perdebatan tidak ada hubungannya dengan anak, namun jika dilakukan dengan cara yang salah, itu mengancam stabilitas emosional mereka.

Ketika anak-anak merasa terancam pada tingkat emosional tertentu, mereka akan menunjukkan peningkatan gejala negatif seperti depresi, kecemasan, dan permusuhan. Seorang anak bereaksi terhadap perkelahian orangtuanya dengan menjadi agresif.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pertengkaran intens yang berkaitan atau melibatkan anak, memberikan dampak yang paling buruk bagi anak.

Kemampuan orang tua untuk mengontrol hubungan emosional mereka dipengaruhioleh kualitas hubungan pribadi mereka. Pasangan yang bahagia dan nyaman antara satu sama lain merasa lebih emosional dan sensitif mengenai kebutuhan anak mereka. Mereka tidak akan telibat konflik yang merugikan anak mereka."

Para ahli mengatakan bahwa meskipun pertengkaran dapat merusak mental anak, namun masih ada pelajaran baik yang dapat anak pelajari dari sebuah pertengkaran atau perdebatan.

"Ketika konflik ditangani secara konstruktif, anak-anak belajar untuk berkompromi, kasih sayang, dan menggunakan humor atau kehangatan untuk memecahkan perbedaan pendapat. Mereka juga akan belajar bahwa konflik dengan seseorang yang Anda cintai bukanlah akhir dari dunia," tukas Ann Pleshette Murphy, kontributor Good Morning America.

"Perdebatan yang dilakukan secara efektif dan tenang menunjukkan pesan yang jelas tentang negosiasi dan resolusi yang malah memberikan implikasi positif untuk anak-anak," tandas Dr. Gordon. Pada dasarnya, semua itu bermuara pada hubungan baik antara suami dan istri.

Anak tumbuh dan belajar dari lingkungan mereka. Mereka akan selalu meniru apa yang mereka dengar dan lihat.

0 comments: