Suka bohong bikin mental dan fisik mudah sakit


Suka bohong bikin mental dan fisik mudah sakit
Ilustrasi berbohong. ©shutterstock.com/prosotphoto
Reporter: Destriyana


Kejujuran bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Hasil penelitian ini dipresentasikan di pertemuan tahunan Asosiasi Psikologikal Amerika, Minggu (5/8).

Selama 10 minggu, 110 orang (usia 18-71) mengikuti tes kebohongan dan kesehatan. Penelitian ini dilakukan oleh Anita Kelly, profesor psikologi dari Universitas Notre Dame di Indiana, Amerika. Ia mempresentasikan temuannya pada pertemuan tahunan Asosiasi Psikologikal Amerika, Minggu (5/8).

"Ketika berbohong, kesehatan mereka tampak menurun. Sebaliknya, kesehatan kembali membaik, jika mereka jujur.", kata Anita, seperti dilansir USA Today, Senin (6/8).

Peneliti juga menemukan beberapa keluhan fisik dan mental akibat berbohong. Contohnya, perasaan tegang atau melankolis, sakit tenggorokan dan kepala.

Linda Stroh, profesor dari Universitas Loyola di Chicago, Amerika, mengatakan: "Ketika Anda tidak berbohong, tubuh mengalami lebih sedikit stres."

Hal tersebut juga diamini oleh Robert Feldman, psikolog dari Universitas Massachusetts, Amherst, Amerika. Menurut Robert, perilaku jujur dan tulus membuat orang jadi lebih sehat secara psikologis.

Hasil penelitian di atas telah membuktikan kejujuran bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

0 comments: