10 Pertanyaan Teraneh dalam Wawancara Kerja

Anda mungkin membayangkan bahwa pertanyaan Interview atau wawancara kerja itu sudah sangat umum, seperti jelaskan mengenai diri Anda, kelemahan, kelebihan dan sebagainya. Tapi bagaimana jika Anda ditanyakan pertanyaan paling aneh yang pernah Anda dengar? Berikut 10 Pertanyaan paling aneh yang pernah muncul dalam wawancara kerja, dan pertanyaan ini memang pernah ada.
1. Bagaimana Anda menimbang seekor Gajah tanpa Menggunakan Mesin Penimbang?
berat gajah
Pertanyaan ini ditanyakan oleh IBM, tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk mengetahui apakah Anda dapat memikirkan sebuah cara efisien yang berbeda dari yang biasanya dan bagaimana Anda dapat melakukan penilaian tanpa adanya data yang benar-benar lengkap.
Jawaban dari pertanyaan ini sendiri sangatlah banyak, karena tidak ada jawaban pasti dari pertanyaan ini, yang ditanyakan hanyalah cara. Salah satu caranya adalah dengan meletakkan gajah tersebut di sebuah kolam yang penuh dengan air, lalu mengukur kembali jumlah air yang terbuang dari kondisi sebelumnya.
Jika Anda menjawab seperti ini maka jawaban Anda sudah dapat diterima, tapi itu belum sepenuhnya benar. Cara ini tidak dapat menghitung berat sebenarnya dari gajah tersebut, karena dalam ilmu fisika kita harus menghitung juga kepadatan dari benda yang diletakkan di air tersebut, dalam hal ini si gajah.
2. "Seekor Penguin yang mengenakan topi sombrero (topi meksiko yang lebar) melewati pintu itu, apa yang kira-kira akan ia katakan dan mengapa ia ada di sini?"
Penguin Sombrero
Diajukan oleh seorang pewawancara (interviewer) untuk posisi office engineer di Clark Construction Group. Anda mungkin akan bingung begitu mendengar pertanyaan ini, tenangkan diri Anda dan berpikirlah. Ingatlah bahwa dalam Interview Anda jangan pernah menjawab "tidak tahu".
Pada saat pertanyaan ini diajukan, ada 1 orang wanita cerdik yang menjawab: "Penguin saya melewati pintu itu dan akan berkata, 'Anda harus mempekerjakan Amanda - ia adalah orang yang sangat rapi dan Anda ingin ia memimpin tim Anda.'" Lalu bagaimana dengan sombreronya? Wanita ini-pun melanjutkan dengan berkata bahwa Penguin itu meminum Margarita (minuman keras Meksiko) sebelum datang ke sini. Singkat cerita, wanita ini akhirnya diterima dan dipekerjakan.
Pertanyaan ini ditujukan untuk melihat bagaimana Anda dapat menangani situasi dalam kondisi yang penuh tekanan. Selain itu pertanyaan ini akan menunjukkan seberapa kreatif dan kritis Anda.
3. "Dari 1 sampai 5, Seberapa anehkah kamu?"
skala 1 sampai 5
Ditanyakan oleh Capital One, sebuah perusahaan finansial yang sering berhadapan dengan konsumen. Pertanyaan ini bertujuan untuk melihat seberapa berani Anda dalam mengambil resiko dan bagaimana Anda berkomunikasi.
Untuk menjawab pertanyaan ini Anda dapat melabelkan diri Anda dengan nilai penuh 5. Lalu menjelaskan kembali daripada menyebut diri Anda "aneh", Anda lebih suka menyebutnya sebagai seseorang yang "unik" dan memiliki "kepintaran emosinal" yang berbeda dari yang lain. Ingatlah bahwa wawancara kerja itu selalu menilai kreativitas Anda di balik setiap pertanyaan yang diajukan.
4. "Pernahkan Anda mencuri pen dari tempat kerja?"
mencuri pen
Pertanyaan ini ditanyakan oleh interviewer untuk posisi software architect di Jiffy Software. Beberapa pertanyaan wawancara kerja memang ditujukan untuk mengetahui apakah kepribadian Anda cocok bekerja di tempat kerja itu. Inilah yang menjadi tujuan di balik pertanyaan ini.
"Ya, tapi tidak dengan sengaja!" Ada interviewee (orang yang diwawancarai) menjawab seperti itu dan singkat cerita, kandidat itu tidak mendapatkan pekerjaan yang dimaksud. Pertanyaan ini hanya ingin melihat seberapa jujur diri Anda dan melihat apakah Anda berani untuk bertanggung jawab atas tindakan atau kesalahan yang telah Anda lakukan. Tapi jika Anda memang orang yang tidak pernah mencuri pen di tempat kerja, maka Anda tidak perlu mengatakan pernah, jelaskan saja secara jujur.
5. "Berapa banyak sapi di Kanada?"
sapi di kanada
Ini adalah pertanyaan yang diajukan oleh raksasa teknologi Google untuk jabatan local data quality evaluator. Salah satu keuntungan jika Anda ditanyakan mengenai pertanyaan-pertanyaan aneh ini adalah tidak ada jawaban yang salah untuk setiap pertanyaannya. Mereka hanya ingin melihat bagaimana Anda berpikir mengakali pertanyaan ini.
Berbeda dari pertanyaan-pertanyaan sebelumnya, jika Anda tidak mengenal apapun mengenai Kanada maka Anda tentu akan mengalami kesulitan. Tapi masih ada cara untuk mengakalinya, yaitu dengan spekulasi: "Jika Kanada lebih luas dari United States (karena ditanyakan di sana) maka ..., jika tidak maka ...". Kemudian Anda-pun dapat asal menebak sebuah angka yang cukup masuk akal. Karena jawaban ini tidak mengenai benar atau salah, tapi bagaimana Anda menilai sebuah hal.
Bagi Anda yang benar-benar ingin tahu jawabannya, luas Kanada hampir sama dengan luas United States hanya saja populasinya jauh lebih sedikit, oleh karena itu banyaknya sapi pasti lebih sedikit (karena kebutuhan daging yang tidak banyak). Menurut Wiki Answer, ada sekitar 7 juta sapi di Kanada.
6. "Jika Anda dapat menjadi superhero apapun, Anda ingin menjadi apa?"
jadi superhero
Oleh At&T, perusahaan telekomunikasi multinasional raksasa Amerika. Perusahaan ini sangatlah berpusatkan kerjasaman tim dalam bagaiman mendesain, menghasilkan dan memasarkan produk dan layanan.
Melalui latar belakang perusahaan itu, maka Anda dapat memperkirakan bahwa perusahaan ini menginginkan jawaban Anda sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Bukan hanya karena Anda kagum dengan kekuatan seorang superhero dan ingin menjadinya, melainkan melihat latar belakang dari superhero dan bagimana kepribadian dari superhero itu. Cara amannya adalah pilihlah Superman, mengapa? Karena walaupun ia sangat kuat, ia tetap dapat bekerjasama dengan manusia sekelilingnya dan selalu memikirkan kebaikan mereka.
7. "Bagaimana orang akan berkomunikasi di dunia yang telah sempurna?"
dunia sempurna
Ditanyakan oleh Novell, perusahaan jaringan dan software ternama. Orang yang ditanyakan pertanyaan ini membagikan pengalamannya dimana ia diarahkan oleh pewawancara atau interviewer untuk menjawab komunikasi muka dengan muka (face to face) adalah yang terbaik. Tetapi begitu Anda menjawab itu si interviewer akan menjelaskan kembali bahwa mengirim pesan (SMS) masih dapat dilakukan, lalu membuat Anda berpikir bahwa jawaban Anda salah.
Pertanyaan seperti ini adalah mengenai bagaimana Anda dapat meyakinkan interviewer atas jawaban Anda, dimana keyakinan interviewer sebelumnya adalah menggunakan pesan (SMS) adalah yang terbaik. Di sini mereka ingin melihat bagaimana Anda berkomunikasi dan menyampaikan informasi.
8. "Saya dan Istri saya akan berlibur, apakah ada saran saya harus kemana?"
saran berlibur
Diajukan oleh oleh interviewer di PricewaterhouseCooper (PwC), sebuah perusahaan multinasional raksasa yang bergerak di bidang profesionalitas seperti konsultan, keuangan dan lainnya. Anda juga harus mengetahui bahwa sebelum melakukan wawancara kerja, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu mengenai perusahaan tersebut.
Setelah Anda melakukan riset, maka Anda akan mengetahui bahwa karena perusahaan tersebut bergerak di bidang konsultan, keuangan, dan lainnya, maka dari pertanyaan itu Anda akan tahu bahwa Anda harus menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang teliti. Tanyakanlah ke interviewer apa saja ketertarikannya, bagaimana budget yang ingin dikeluarkan, hiburan seperti apa yang ingin dinikmati dan seterusnya. Baru dari jawaban si interviewer maka Anda dapat memberikan saran ia harus pergi berlibur kemana. Ini menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang teliti dan tidak gegabah.
9. "Dari skala 1 sampai 10, berikan penilaian atas diri saya sebagai interviewer."
skala satu sampai sepuluh
Pertanyaan ini ditanyakan oleh Kraft ke para interviewee-nya (orang yang diwawancarai). Mungkin ini adalah pertanyaan paling sulit jika dibandingkan dengan pertanyaan lainnya, karena selain tidak ada jawaban yang salah ataupun benar, hal ini sangatlah tergantung ke kepribadian dari orang yang mewawancarai Anda.
Banyak sekali cara untuk menjawab pertanyaan ini,beberapa di antaranya adalah dengan mengatakan bahwa Anda tidak dapat memberikan penilaian dengan alasan yang pasti sudah diketahui dan biasanya penilaian itu bersifat tertutup. Cara lainnya adalah dengan bercanda bersama Interviewer, bahwa penilaian Anda juga tergantung dari apakah Anda dipekerjakan atau tidak, dan masih banyak cara lainnya. Yang harus Anda perhatikan adalah jangan sampai menyinggung si interviewer.
10. "Jika Anda dapat menjadi siapapun, Anda ingin menjadi siapa?"
jadi diri sendiri
Oleh Salesforce, perusahaan sofware perusahaan ternama yang berpusatkan di San Fransisco, California. Sama seperti pada poin nomor 7, ini adalah bagaimana Anda dapat meyakinkan si interviewer atas jawaban Anda.
Jawaban terbaik tentunya adalah Anda mengatakan bahwa Anda puas menjadi diri Anda sekarang ini dan jika Anda dapat memilih menjadi siapapun, Anda akan tetap memilih menjadi diri Anda sekarang (walaupun kenyataannya berbeda). Kemudian Anda dapat menjelaskan karena Anda yakin bahwa setiap orang memiliki iblis (kesusahan) dan malaikat (kesenangannya) tersendiri, dan Anda puas dengan apa yang Anda miliki.

0 comments: