Anda Membutuhkan Keahlian Lebih dari Satu Untuk Mendapatkan Pekerjaan Baik

dapatkan pekerjaan baik
Jika Anda menginginkan sebuah tantangan pada tahun 2013 ini, cobalah mendapatkan pekerjaan yang baik. Karena tingginya tingkat pengangguran maka mungkin banyak orang tidak peduli asalkan mereka mendapatkan pekerjaan. Tidak ada trik atau sihir yang akan membuat Anda mendapatkan pekerjaan impian Anda, tetapi Anda dapat meningkatkan kemungkinan tersebut dengan menjadi multitalenta.
Memang, ada perkataan yang mengatakan lebih baik Anda menjadi spesialis daripada generalis. Tapi pada kenyataannya, seorang spesialis tetap membutuhkan keahlian lebih dari satu agar ia dapat bertahan di dunia karir tempat ia berada.

Banyak Keahlian Jauh Lebih Baik
Terkadang pekerjaan tertentu membutuhkan keahlian yang sama sekali tidak terkait dengan perkejaan tersebut. Memang tidak banyak, tetapi ada. Bahkan kalaupun Anda melamar untuk pekerjaan yang terlihat umum, keahlian lebih Anda walaupun sama sekali tidak terkait, akan dapat memberikan Anda sebuah nilai lebih.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, mungkin nasihat umum sekarang ini adalah fokuslah pada satu hal yang Anda suka dan jadilah lebih di titik itu, tapi pada kenyataannya jika Anda melakukan itu maka itu akan mengurangi peluang Anda mendapatkan pekerjaan yang baik.
Pada saat Anda mencoba menjadi spesialis di satu hal, Anda akan terbuka dengan besarnya tingkat persaingan dimana hanya sebuah persentase kecil yang dapat menjadi sukses. JIka Anda yakin dengan tingkat ke-spesialisasian Anda yang sangat tinggi, maka tetaplah jadi spesialis.
ikan besar dalam kocal kecil
Tapi jika Anda memiliki banyak keahlian dan juga memiliki keahlian yang diperlukan sebagai kebutuhan  utama dari pekerjaan tersebut, Anda akan tiba-tiba menjadi ikan yang besar yang berenang di kolam yang kecil. Itulah situasi terbaik.

Kembangkan Keahlian yang Sudah Ada
Orang yang berfokus pada tujuan tunggal sepanjang hidup mereka sering percaya bahwa mereka mempunya sebuah keahlian tunggal. Tetapi, Kebanyakan dari kita mempunyai hobi dan ketertarikan lain. Walaupun mungkin kita tidak mengembangkan keahlian yang dibutuhkan untuk masuk dalam dunia kerja profesional, mengembangkan keahlian tersebut tidak hanya mudah tetapi juga menyenangkan.
Kembangkan Keahlian yang sudah ada
Coba bayangkan Anda adalah seorang pengacara dan Anda mempunyai beberapa hobi seperti memasak, mobil dan drama televisisi. Walaupun Anda tidak akan memasak di depan klien Anda, Anda dapat menunjukkan restoran-restoran yang memiliki makanan yang enak, juga dapat mencari klien yang terkait atas isu makanan.
Jika Anda menyukai mobil dan mengetahui banyak mengenai hal itu, itu membantu Anda memiliki kelebihan pada saat Anda melamar pekerjaan pada produsen mobil. Produsen mobil juga membutuhkan jasa pengacara dalam pekerjaannya.
Contoh lain adalah pada saat Anda seorang desainer dan menginginkan pekerjaan di bidang desain karakter (character design). Banyak poster lamaran seperti poster lamaran untuk karakter game menulis bahwa ada poin lebih jika Anda suka bermain game.

Ini hanyalah beberapa contoh bagaimana hobi dan ketertarikan Anda dapat membantu Anda dalam mendapatkan promosi dalam interview kerja dan resume (CV) Anda. Bahkan terkadang keahlian ini dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan pada saat Anda tidak mempunyai pengalaman.

Perusahaan Lebih Suka Mengambil Keuntungan dari Pekerja Multitalenta
Orang yang dapat melakukan pekerjaan lebih dari satu baik tertulis dalam deskripsi pekerjaan atau tidak, menawakan nilai lebih bagi sebuah perusahaan. Anda mungkin mempunyai tugas utama seperti melakukan penjualan, tetapi jika Anda mempunyai keahlian desain Anda ungkin dapat membantu perusahaan dalam promosi.
perusahaan akan mengambil keuntungan
Jika Anda bekerja sebagai seorang asisten dan mengetahui bagaimana melakukan pemograman, Anda dapat membantu membuat sebuah aplikasi untuk mengotomatiskan banyak pekerjaan Anda sehingga waktu yang dibutuhkan jadi lebih singkat. Jika Anda mempunyai keahlian lebih dan dapat mempraktekannya, maka Anda mempunyai nila lebih jauh dari karyawan umumnya.
Pada kenyataannya, kemampuan ini meletakkan Anda dalam situasi yang buruk. Multitalenta membuat Anda mampu melakukan banyak pekerjaan. Tapi Anda hanya satu orang, ini akan membuat Anda lelah. Oleh karena itu Anda harus tahu membuat batasan sejak awal. Jangan mengambil pekerjaan lebih dari yang dapat Anda tangani.

Tetap Bersabar
sabar
Seperti pencarian kerja umumnya, menemukan pekerjaan tertentu membutuhkan waktu. Gunakan waktu tersebut untuk mengembangkan keahlian Anda dan terus mencari posisi yang sesuai dengan ketertarikan Anda.

Seorang karyawan dengan satu keahlian yang sangat tinggi saja tidak akan semenarik Anda yang memiliki keahlian tetapi juga multitalenta. Terkadang menjadi generalis membantu Anda dalam pekerjaan. Tapi, walaupun begitu jangan lupa untuk tetap mengembangkan keahlian utama yang dibutuhkan.

0 comments: