Mobil Tanpa Pengemudi (Auto Pilot)

Mobil Tanpa Pengemudi (Auto Pilot)


Bukan tidak mungkin teknologi auto pilot akan terealisasi sebentar lagi, mobil tanpa pengemudi pun akan bersliweran di jalan-jalan.

Uniknya, teknologi tersebut sepertinya sangat cocok untuk budaya mudik di Indonesia, yang membutuhkan jarak dan waktu tempuh sangat jauh dan menghabiskan kesabaran.

Walaupun masih jauh untuk mencapai tahap tersebut, namun sebuah pabrikan mobil Amerika Serikat, General Motors kini sedang bersiap untuk memperlihatkan mobil dengan kemudi otomatis yang akan mereka pamerkan di Orlando pada musim gugur tahun ini.
"Mobil yang bisa mengemudi diri mereka sendiri dan dengan demikian tidak ada lagi kecelakaan mobil," tutur Direktur Laboratorium Kontrol-Listrik Terintegrasi General Motors Co, Nady Boule seperti dikutip dari Detroit News, Rabu (7/9/2011).
Dengan teknologi tersebut diperkirakan dalam beberapa dekade mendatang mobil-mobil akan mampu pergi dari titik A ke titik B tanpa bantuan manusia sama sekali. GM sendiri sudah melakukan penelitian terkait teknologi ini sejak 2007 silam dimana Chevrolet Tahoe yang telah dimodifikasi berhasil menempuh jarak 55 mil dari California ke basis Angkatan Laut Amerika dengan tanpa menggunakan awak pengemudi.
Seakan mendukung, Departemen Perhubungan AS turut memprediksi jika setiap mobil bisa saling berkomunikasi maka angka kecelakaan yang terjadi karena berkurangnya konsentrasi pengemudi akan berkurang hingga 80 persen.

Di masa depan, mobil akan mampu mengenali medan jalan serta suasana sekitarya entah itu mobil lain, pejalan kaki, atau infrastruktur di jalan dan lampu lalu lintas serta marka jalan.
(sumber ;republika)

0 comments: