Tetap Lelah Walaupun Sudah Tidur Cukup

Anda sudah tidur cukup bahkan terkadang lebih, tapi Anda tetap cape atau lelah. Walaupun telah mengikuti berbagai anjuran olahraga atau tidur cukup, Anda selalu merasa letih. Ada berbagai penyebab mengapa Anda tetap merasa lelah walaupun Anda sudah tidur cukup dan beberapa di antaranya dapat mengarah ke kondisi medis yang tidak boleh diremehkan. Berikut berbagai penyebab kelelahan Anda.

APAKAH ANDA SUDAH TIDUR CUKUP DAN NYENYAK?
Tentunya sebelum kita melihat berbagai kemungkinan lain mengapa Anda selalu merasa lelah, kita harus melihat terlebih dahulu bagaimana tidur Anda sebenarnya, apakah Anda benar-benar telah tidur cukup dan nyenyak?
Tidur Cukup dan Nyenyak
Sebenarnya tidur 8 jam itu hanyalah sebuah pedoman dan waktu tidur yang dibutuhkan setiap orang berbeda dari 1 orang ke orang lainnya. Waktu ideal Anda untuk tidur-pun akan berubah seiring umur Anda bertambah, seperti bayi yang butuh waktu tidur lebih lama dan berubah seiring pertumbuhannya. 

Oleh karena itu untuk mengetahui berapa lama sebenarnya waktu tidur yang Anda butuhkan, lakukanlah percobaan dengan mengajukan jam tidur Anda sampai Anda dapat bangun sendiri tanpa perlu menggunakan alarm. Anda juga harus mengetahui bahwa menekan tombol snooze begitu alarm berbunyi sangatlah tidak disarankan dan hindari tidur terlalu banyak.

Setelah kita membicarakan mengenai waktu tidur yang Anda butuhkan maka selanjutnya kita harus membicarakan mengenai kualitas tidur Anda. Jika Anda secara konstan terbangun di tengah tidur Anda, atau tidur Anda sering terganggu, mungkin hal itu disebabkan karena Anda mengalamiApnea Tidur (kondisi dimana tidur terganggu karena kesulitasn bernapas). Banyak orang yang menderita kondisi ini tidak menyadari bahwa mereka menderita hal tersebut.

Dalam artikel Efek Samping dari Kurang Tidur sebelumnya, telah dbahas hal-hal apa saja yang dapat Anda lakukan untuk menyembuhkan atau meningkatkan kualitas tidur Anda. Salah satu saran terbaiki adalah Anda dapat menggunakan teknologi yang melacak tidur Anda (di smartphone ada banyak aplikasi yang mendukung hal ini).


ANEMIA
anemia
Salah satu penyebab mengapa Anda sering merasa lelah, letih atau cape walaupun Anda sudah tidur cukup adalah Anemia. Khususnya bagi wanita, kemungkinan terjadi akan hal ini dapat sangat tinggi. Biasakanlah untuk melakukan tes tahunan, lebih baik Anda melakukan pencegahan daripada Anda melakukan pengobatan. Anemia sendiri adalah kondisi medis dimana sel darah merah Anda berada di bawah taraf normal. Beberapa penyebab Anemia sendiri adalah karena pola makan yang salah, menstruasi, kehamilan, dan medikasi.

Mengapa hal ini lebih mungkin terjadi bagi wanita? Ini karena wanita sering melakukan diet yang salah dan mengalami menstruasi. Salah satu cara terbaik untuk mengakali hal ini adalah dengan menambahkan makanan seperti daging merah, kuning telur, kismis, ataupun berbagai jenis sayuran hijau ke dalam menu makanan. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan zat besi dalam diri Anda.


PASTIKAN TIDAK ADA YANG MENGGANGGU ANDA SECARA PSIKOLOGI
adanya penyebab psikologi
Depresi, stress, bahkan merasa bosan saja dapat membuat Anda merasa lelah. Salah satu alasannya adalah Depresi dan stres dapat secara psikologi membuat Anda menghabiskan tenaga secara fisikal ataupun mental. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat membaca artikel 10 Tips mengatasi rasa stres atau 10 Cara Mengatasi Rasa Bosan saat Kerja.

Sedangkan untuk Depresi sendiri, Anda harus mengerti bahwa Depresi adalah sebuah kondisi medis yang membuat Anda selalu merasa sedih dan dapat mengarah ke gejala fisikal. Anda mungkin akan merasakan bahwa Anda memiliki masalah dalam melakukan aktivitas sehari-hari Anda atau Anda merasa bahwa hidup ini sudah snagat susah (tidak lagi berharga), jika begitu, maka itu tandanya Anda mengalami depresi.

Cara perawatan depresi sendiri tidak dapat langsung dilakukan begitu saja dan Anda langsung sembuh, terlepas dari kelelahan yang mengitari Anda. Cara terbaik untuk melakukan perawatannya adalah dengan perawatan jangka panjang seperti medikasi, konseling, atau perawatan sejenisnya.


MAKANAN DAN MINUMAN
makan salah
Lelah tidak selalu terkait dengan tidur cukup, salah satu penyebabnya adalah diet atau pola makan yang salah. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, diet yang salah dapat mengarah ke kondisi medis seperti anemia dan tidak terbatas hanya kepada itu, makanan yang Anda makan menentukan energi yang dihasilkan. Beberapa makanan dapat membuat Anda merasa kenyang selama berjam-jam, seperti telur atau jeruk. Jadi jika Anda merasa lelah di selang aktivitas atau pagi hari, Anda dapat mengakalinya dengan memakan makanan yang menghasilkan energi lebih.

Hal terakhir mengenai makanan tentunya jangan melupakan minum. Minumlah jumlah air yang cukup setiap harinya, tapi jangan mengganggu pola tidur Anda dengan meminum minuman yang mengandung alkohol atau kafein. Hal itu tidak akan menyelesaikan masalah kelelahan Anda, mungkin malah memperburuknya. Untuk mengetahui jumlah air yang harus diminum, Anda dapat melihatnya di artikel Berapa banyak air yang harusnya Anda minum.


MELAKUKAN PEMERIKSAAN RESMI
pemeriksaan resmi
Cara terakhir dan paling efektif dibandingkan cara lainnya adalah melakukan pemeriksaan resmi atas kesehatan Anda ke dokter. Selain cara ini adalah cara paling efektif, ini juga cara paling cepat dan terbaik karena Anda tidak perlu mengira-ngira penyebab dari mengapa Anda merasa lelah walaupun tidur Anda sudah cukup. Penyebab lain mengapa cara ini paling efektif adalah untuk melakukan pemeriksaan apakah ada kemungkinan kondisi medis yang dapat terjadi, hal ini karena kelelahan dapat menunjukkan banyak kondisi medis. Berikut kondisi medis yang dapat menyebabkan kelalahan Anda.

Setelah Anda melihat kondisi-kondisi medis yang dapat disebabkan, Anda mungkin akan merasa takut jika Anda mengalami hal ini. Tapi Anda tidak perlu takut, karena kelelahan adalah gejala umum dan tidak selalu mengarah ke kondisi medis yang serius. Hanya pastikan pola hidup, tidur, makan, serta olahraga Anda telah berada di taraf yang normal.

0 comments: