Bersihin Komponen Injektor, Akibat Sembarang Isi Bensin

Bersihin Komponen Injektor, Akibat Sembarang Isi Bensin

Tiba-tiba motor mati mendadak ketika sedang berkendara. Terus dicoba starter dan masih mau nyala. Tapi, ketika digas malah ndut-ndutan. Itu masalah yang dihadapi customer pembesut Yamaha Mio J yang datang ke bengkel,” bilang Ahmad Gufroni, punggawa bengkel Patung Motor Sport (PMS). Tapi, bukan soal Mio J itu bermasalah lho. Makanya, baca sampai habis artikel ini biar tak salah paham.

Berbekal penasaran dengan motor customer Mio J kelahiran 2012 yang mati mendadak dan ndut-ndutan, Patung, panggilan akrab Ahmad Gufroni langsung berlaga seperti dokter yang memeriksa pasien dari berbagai sektor. Dan ternyata, filter bensin, filter injektor dan injektor tersumbat kotoran yang kemungkinan dari bahan bakar yang digunakan.

“Bentuk kotorannya mirip pasir dan gram lumpur berwarna kekuningan,” bilang Patung. Dari kotoran tersebut, tentunya bisa disimpulkan bahwa aliran bensin yang masuk ke ruang bakar, tersumbat. Akibatnya, motor jadi ndut-ndutan seperti malas buat jalan.

Karena tiga bagian ini kotor, tentunya harus lakukan pembersihan. Nah, Patung yang tidak diam saja seperti patung aslinya ini, coba berbagi ilmu untuk bersihin tiga komponen tadi.
 1. Bersihkan filter injektor dengan injector cleaner 2. Injektor semprot dengan injector cleaner agar alirannya lancar 3. Cukup bersihkan filter bensin dengan bantuan bensin
 

Mulai dari atas. Bersihkan filter bensin. Filter bensin yang bentuknya mirip pembalut wanita ini harus terlebih dahulu dikeluarkan dari perut tangki. Caranya, tinggal buka baut fuel pump dan tangki. Lalu, keluarkan. Untuk membersihkan, cukup bilas dengan bensin sampai kotoran hilang. “Jangan menggunakan media bantuan seperti sikat. Pasalnya saringan seperti ini bisa rusak,” bilang pria kurus itu.

Kedua, bersihkan filter injektor. Posisi filter injektor ini terdapat di sambungan pipa dari tangki menuju injektor. Bila sambungan tadi dilepas, pasti terdapat saringan injektor. Bersihkannya malah lebih mudah, karena cukup menggunakan injector cleaner. Tinggal semprot, bilas dan pasang kembali.

Tahap terakhir, bersihkan injektor itu sendiri. Cara bukanya, tinggal kendurkan baut 8 untuk mengikat injektor ke throttle body lalu dicopot. “Lakukan langkah pembersihan yang sama seperti di filter injektor. Cukup semprot dengan injektor cleaner dan pasangkan lagi,” terangnya.

Setelah proses itu dilakukan, Mio J kembali segar bugar. Patung yang beralamat di Jl. Irigasi, Cipondok Indah No. 22 Ciledug, Tangerang ini sedikit kasih wanti-wanti buat pengguna motor injeksi.

“Baiknya untuk motor injeksi, ketika mengisi bahan bakar jangan sembarangan tempat. Dan, kalau bisa mending pakai Pertamax dibanding Premium. Selain power mesin motor jadi lebih bagus, mungkin tak alami kejadian seperti ini nantinya,” wanti Patung. (motorplus-online.com) 
Penulis : Panji | Foto : Yudi

0 comments: