Nih! Buat Kamu yang Ngebet Sekolah di Amerika



Ngebet sekolah di Amerika? Wah kabar bangus nih!
Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) setiap tahunnya bakal menggelar program beasiswa Youth Exchange and Study (YES). Kalau kamu ingin mengikuti program beasiswa ini, langsung saja simak cara pendaftarannya.

Agar bisa menjadi peserta program YES, setidaknya kamu adalah siswa SMA kelas X berusia 15-17 tahun, mendapatkan izin dari orangtua dan sekolah, Warga Negara Indonesia (WNI) tidak memiliki paspor AS, tidak lahir di AS.

“Kemudian salah satu orangtua bukan berkebangsaan AS, sehat secara fisik, mental, dan spiritual (tersedia pula kesempatan bagi siswa penyandang disabilitas),” beber Sending Coordinator Bina Antarbudaya Sari Tjakrawiralaksana, di Kediaman Dubes AS untuk Indonesia Scot Marciel, seperti dilansir KR Jogja di Menteng, Jakarta, Senin (1/7/2013) malam.

Nah, kalau merasa sudah pas dengan kriteria tersebut, langsung deh daftar. Caranya yaitu menghubungi chapter (perwakilan yang disebar di beberapa kota) terdekat untuk menginformasikan lokasi domisili dan kapan membeli PIN untuk aplikasi.

Selanjutnya, membuka sistem aplikasi online dari situs, mengaktifkan PIN dan membuat username serta password, mengisi aplikasi dalam jangka waktu 14 hari, mencetak kartu tanda lolos seleksi, mencetak form permintaan izin orangtua dan mengisinya, mencetak perjanjian akselerasi (untuk siswa kelas akselerasi), dan membawa semua dokumen yang telah dicetak dan dilengkapi ke chapter terdekat untuk diverifikasi dan dikonfirmasi.

Sari Tjakrawiralaksana menambahkan, para peserta yang mendaftar dan lolos ke tahap selanjutnya, akan menjalani seleksi yang ketat.

“Puluhan pelajar yang terpilih mengikuti program YES merupakan siswa terpilih. Sebelumnya mereka harus menjalani tiga kali seleksi ketat, mulai dari ujian ilmu pengetahuan umum (tertulis), wawancara, hingga dinamika kelompok,” pungkasnya seperti dilansir KR Jogja.
Editor : Rizqi Akbar

0 comments: